Di dalam dunia Marketing, ada dikenal metode yang disebut 5 langkah pemasaran dan Maidanii Pancake Durian memilikinya juga.

Di dalam sebuah bisnis terdapat 4 pilar utama yaitu pemasaran, SDM, keuangan dan produksi, 4 pilar utama ini adalah pondasi paling dasar yang harus kita jaga dan kembangan untuk membuat bisnis kita terus maju dan bertumbuh.

Nah, bicara tentang bisnis tentu akan membahas tentang teknik marketing yang paling tajam dan cocok untuk bisnis Anda. Jika Anda bingung dengan langkah-langkah pemasaran yang baik untuk bisnis Kita sendiri maka Anda harus membuat 5 strategi pemasaran yang bagus diterapkan di bisnis Anda.

5 langkah pemasaran

Berikut Kami sajikan langkah-langkah pemasaran tersebut yang mana ini dapat menjadi tips dan trik pengembangan bisnis Anda ke depannya.

Mengumpulkan Prospek.

Dalam tahap ini seorang enterpreneurship harus melakukan cara untuk mengumpulkan data pelanggannya berupa database para pelanggan mulai dari nama, alamat, tanggal lahir dan seterusnya. Artinya semakin lengkap database kita maka akan semakin baik pula. Ingat di era digital ini database adalah kekuatan.

Mengumpulkan prospek ini juga bisa dilakukan dengan memperbanyak followers akun instagram bisnis, like fanpage facebook, followers line@ dan lain sebagainya.

Jika bisnis dianalogikan seperti memancing ikan, maka proses pengumpulan dan pendataan prospek ini adalah seperti membuat kolam ikannya. Maka buatlah kolam-kolam peternakan ikan prospek Anda dengan menggukanan instagram, fanpage facebook, line@, Whatsapp, telegram, database dan lain sebagainya.

Setelah kolam ikan prospeknya terisi apakah ikannya langsung dipancing? Tentu tidak, ikannya harus dikasi makan dahulu alias kita harus rajin-rajin sharing ilmu, pengalaman, kaidah agama, quote bijak, meme lucu, cerita menarik, kisah inspirasi, membagi tips kesehatan, berita terkini, namun ingat sharingnya harus yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalani. Hal ini dilakukan atas dasar pengamalan amanah pepatah, yaitu sharing-sharing dahulu, seling-selling kemudian.  Dan inilah dia 100 cara pengumpulan prospek di Pancake Durian Medan Maidanii:

  1. Posting Instagram dengan 10 postingan setiap hari
  2. Posting Story Instagram
  3. Endorsmen Selebgram Instagram
  4. Iklan PPE di Facebook
  5. Posting Rutin di Fanpage facebook
  6. Iklan di Youtube Ads
  7. Posting Video Youtube
  8. Iklan google adwords
  9. SEO
  10. Satu hari minimal 1 artikel di publish yang seo friendly
  11. Kontes-kontes Instagram
  12. Tukaran Brosur dengan UKM lainnya
  13. Pemberian Voucher Diskon
  14. Bonus bagi yang posting pancake durian di sosmed
  15. Spam like, komen dan follow di Instagram secara manual
  16. Iklan billboard

 

Meningkatkan Konversi Penjualan

Tugas kedua seorang enterpreneurship adalah menciptakan penjualan, penjualan memang sangat penting, karena seluruh aktifitas dan operasional bisnis membutuhkan uang, dan uang tersebut datangnya dari penjualan. Maka dari itu, setelah prospek terkumpul tugas paling penting berikutnya adalah bagaimana enterprener itu mengonversi para prospeknya menjadi penjualan.

Kembali kepada kolam ikan bisnis. Setelah kolamnya terisi, ikan prospeknya juga sudah besar dan siap untuk membeli, maka pada tahap konversi ini tahap mulai memancing atau mulai jualan.

Sebagai contoh:

Setelah dilakukan effort pemasaran untuk dapat mengumpulkan prospek maka terkumpullah 5.000 orang, angka tersebut merupakan gabungan dari database, followers, likers dan lainnya. Lalu ternyata setelah dilihat data penjualan pada akhir bulan yang membeli itu ada sebanyak 200 customer. Maka tingkat konversinya adalah 4%. Persen ini di dapat dari rumut: Jumlah pembeli (200 customer) / jumlah prospek (5.000 orang) = konversi (4%).

Dan, ini dia langkah-langkah Cafe Durian Maidanii dalam meningkatkan konversi penjualannya.

  1. Posting Instagram Story 4 postingan setiap hari
  2. Posting Whatsapp Story 4 postingan setiap hari
  3. Posting Facebook Story, 4 postingan setiap hari
  4. Menyediakan admin yang pintar closing dan ramah
  5. Free Packing Tebal Pancake Durian
  6. Free icepack untuk pancake durian box
  7. Promo menu baru
  8. Promo deal medan
  9. Line@ blast seminggu Sekali
  10. SMS Blast setiap 2 minggu sekali
  11. Whatsapp blast seminggu sekali

 

Meningkatkan Rata-Rata Penjualan

Prospek terus dikumpulkan, konversi terus dinaikkan, langkah selanjutnya adalah meningkatkan rata-rata penjualan ke customer. Hal ini dilakukan agar bisnis yang dijalani dapat terus maju dan bertumbuh. Hal ini dimulai dari melihat data penjualan dan merata-ratakan penjualan per customernya.

Kita lanjutkan contoh di atas tadi.

Dari contoh di atas telah ada 200 customer yang terkonversi. Rata-rata penjualan ke customer tersebut adalah 50.000. Rumus omset: Jumlah customer (200 customer) x Penjualan (50.000) = Omset (100.00.000). Nah, tugas seorang enterpreneur yang baik, bijak dan yang berorientasi kepada kesuksesan adalah dengan menaikkan rata-rata penjualan 50.000 tersebut menjadi naik. Menjadi 55.000 umpamanya.

Jadi proyeksi kenaikannya adalah:

Jumlah customer (200 customer) x Penjualan (55.000) = Omset (101.00.000).

Kenaikan rata-rata penjualan kepada customer tersebut dapat kita planning dengan kenaikan setiap bulannya.

Dan ini yang Cafe Durian Maidanii lakukan untuk meningkatkan rata-rata penjualan perpelanggannya:

  1. Free ongkir pembelian minimal 4 box
  2. Paket Bundling
  3. Free produk kecil seperti pancake durian porsi, sop durian dll untuk pembelian dengan minimal order tertentu
  4. Menyediakan makanan kecil yang di display dekat kasir
  5. Menyediakan makanan pembuka yang menarik
  6. Menyediakan makanan penutup yang menarik
  7. Voucher bebas parkir untuk minimal pembelian tertentu

 

Meningkatkan Frekuensi Penjualan

Seorang enterprenuer juga harus dapat melihat dan memiliki data frekuensi penjualannya kepada customer. Bahwa dalam satu bulan berapa kali para customer berbelanja ke bisnis kita. Setelah diketahui frekuensi berbelanja mereka maka tugasnya selanjutnya meningkatkan frekuensinya agar lebih rutin dari sebelumnya.

Contohnya: dari 200 customer berbelanjanya hanya 1 kali dalam 1 bulan. Lalu kita melakukan effort agar customer tersebut datang 2 kali dalam 1 bulan. Maka ini dapat menaikkan omset kita menjadi 2 kali lipat juga. Mari kita lihat proyesinya sebagai berikut:

Jumlah customer (200 customer) x Penjualan (55.000) x frekuensi belanja (1 kali) = Omset (101.00.000).

Menjadi seperti ini:

Jumlah customer (200 customer) x Penjualan (55.000) x frekuensi belanja (2 kali) = Omset (202.00.000).

Di Cafe Maidanii ini yang kami lakukan agar para customer datang 2 kali dalam satu bulannya.

  1. Voucher diskon pembelian selanjutnya
  2. Voucher mengumpulkan 10 stempel
  3. Diskon hari khusus setiap minggu nya

 

Meningkatkan Margin

Setelah kita membangun dan memproyeksikan 4 langkah pemasaran diatas, hal yang paling penting adalah menjaga agar bisnis kita tetap dapat margin, dan marginnya juga ditingkatkan.

Dari omset 202.000.000 dapat ditarik margin 20% maka gross profit di bisnis tersebut adalah 40.200.000,-.

Jika marginnya dinaikkan menjadi 25% saja maka proyeksi marginnya menjadi:

Omset 202.000.000 x margin 25% = Gross profit 50.500.000. Luar biasa bukan?

Nilai persentase profit ini dapat dinaikkan lagi dengan upaya-upaya seperti yang dilakukan oleh Maidanii berikut ini:

  1. Standarisasi Produk
  2. Efisiensi Bahan Baku
  3. Efisiensi tenaga kerja
  4. Efisiensi pemakaian Listrik
  5. Efisiensi pemakaian Air
  6. Menggunakan kembali kemasan yang masih bagus

 

Demikianlah tadi 5 langkah pemasaran Maidanii. Hikmah yang dapat diambil adalah: Bahwa untuk menaikkan penghasil pada sebuah bisnis tidak melulu hanya berbicara tentang penjualannya saja tetapi ada 5 langkah yang harus dijalankan secara keseluruhan. Terima kasih.