Anda pecinta buah durian medan? Buah durian memang buah yang lezat dan kini bisa dipanen lebih dari 1 kali dalam satu tahun. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri dalam melakukan pemilihan buah durian yang enak dan matang. Memilih durian yang enak memang penting untuk diperhatikan jika penjual durian menjual durian tanpa boleh di buka. Namun sekarang ini kebanyakan para penjual durian memperbolehkan para pembeli untuk membuka buah duriannya agar rasa enak durian tersebut benar-benar terbukti. Walaupun demikian, Anda wajib jeli dalam melakukan pemilihan durian. Meskipun sudah Anda buktikan dengan membuka buah durian tersebut, tetapi belum tentu rasa durian tersebut enak di lidah Anda.

cara memilih durian medan yang enak

Nah, untuk Anda yang memang pencinta durian medan asli, silahka Anda cermati cara memilih buah durian yang enak dan matang dibawah ini. Berikut cara pemilihannya:

  1. Pilih durian yang berbentuk bulat, dimana bentuk bulat tersebut menandakan daging buah durian tersebut besar dan banyak. Sementara durian yang bentuknya lonjong, biasanya memiliki daging yang lebih sedikit.
  2. Jangan pilih durian yang telah terbuka pada permukaan kulitnya. Perhatikanlah pada bagian bawah duriannya, apakah durian tersebut sudah terbuka ataukah belum. Jika ternyata durian tersebut sudah terbuka maka durian tersebut masuk angin, sehingga rasanya menjadi hambar.
  3. Pilih durian yang beraroma wangi. Perlu diketahui, bau wangi durian yang kuat menandakan bahwa durian tersebut telah matang. Namun jangan terkecoh dengan aroma wangi tersebut, biasanya ada penjual durian nakal yang mencimpratkan air kobokan durian pada permukaan kulit durian tersebut agar durian beraroma wangi. Jadi, harap waspada!
  4. Ketika beli durian, Anda bisa pukul-pukul durian dengan menggunakan gagang pisau agar durian yang matang bisa Anda ketahui. Jika Anda mendengar suara “bluk-bluk” yang bergema maka hal itu menandakan bahwa durian tersebut sudah matang. Namun beda lagi suaranya yang terdengar “plek-plek” yang menandakan durian medan tersebut belum matang.
  5. Pilih durian bertangkai pendek. Bentuk tangkai durian tersebut dapat menggambarkan tebal atau tipisnya daging buahnya. Apila tangkai durian tersebut kecil dan panjang, maka pada umumnya daging buahnya sangat kecil. Sedangkan durian dengan tangkai pendek dan lebar, umumnya daging buahnya begitu banyak. Tangkai durian tersebut merupakan pembuluh untuk menyalurkan karbohidrat dari ujung batang pohon. Jika tangkai besar dan pendek, dipastikan karbohidratnya sangat besar dan buahnya pun semakin besar.
  6. Pilih durian yang berduri pendek dan jarang. Hal ini menandakan daging buah durian tersebut kering. Jika durian berduri panjang dan banyak, berarti kandungan air dalam durian tersebut banyak. Sehingga daging buahnya lembek.
  7. Pilih durian yang tidak berat. Komponen yang terberat dari durian adalah biji dan kulitnya. Durian yang memiliki berat ringan maka umumnya memiliki daging yang banyak karena tidak banyak kandungan airnya.

Lantas apa istimewa buah durian medan? Berdasarkan dari fakta yang sudah ada, banyak keistimewaan durian medan. Berikut penjelasannya:

  • Durian ini hampir ada terus sepanjang tahun.
  • Harga durian ini juga lebih murah, jika dibandingkan dengan durian import seperti montong dan sebagainya.
  • Rasanya lebih mantap. Inilah yang paling dicari para pecinta durian.
  • Durian ini hasil tani bumi Indonesia.

Demikianlah 7 cara tepat memilih durian medan yang enak dan matang. Nah, jika Anda tertarik ingin mencicipi menu makanan dari bahan durian seperti sop durian, pancake durian dan menu lainnya bisa berkunjung ke Cafe Durian Maidanii di Jalan HM. Yamin No. 121, Medan.  Semoga bermanfaat!

Baca artikel kami sebelumnya tentang: Durian Kupas tahan berapa lama?