Buah durian memanglah nikmat, walaupun bagian luar durian berduri tapi buah durian banyak penikmatnya. Bukan itu saja, banyak sekali olahan kuliner dari buah durian, belum lagi buah durian di beberapa daerah cukup mahal membuat buah ini sangat istimewa. Beruntunglah kita tinggal di daerah yang mempunyai kebun durian dan salah satu produsen buah durian terbesar di Indonesia.

Kota Medan sudah lama terkenal dengan buah duriannya, selain durian memiliki manfaat baik untuk tubuh, kulit buah durian kabarnya banyak juga manfaatnya di kehidupan sehari-hari. Kebayangkan dari kulitnya saja dapat dimanfaatkan, apalagi buah durian yang rasanya begitu nikmat.

Banyak yang suka dengan buah durian, tapi sedikit yang mengetahui bagaimana cara mengetahui durian yang matang, atau melihat bagaimana durian yang enak untuk dimakan. Jika kamu melihat penjual durian memilihkan durian untukmu, kamu pasti bertanya-tanya bagaimana mereka mengetahui bahwa durian tersebut sudah matang atau belum. Terlihat sangat mudah bagi mereka memilih durian, hanya sekadar memukul bagian luar durian menggunakan pisau, dan juga hanya mencium baunya saja mereka sudah mengetahui bahwa buah durian tersebut sudah matang.

Setelahnya kamu makan di tempat atau membawanya pulang ke rumah. Tapi sampainya di rumah, ternyata buah durian sangat sulit untuk dibelah. Alhasil kamu mengalami kesusahan untuk membukanya. Tapi kamu bisa meminta penjual durian untuk membelahnya terlebih dahulu sebelum membawanya ke rumah untuk dimakan bersama keluarga.

cara membelah durian

credit: Authority Nutrition

Tapi kamu ingin mencoba membelahnya sendiri, karena melihat sepertinya mudah membuka durian dengan pisau biasa seperti penjual durian. Ada tips, bagaimana membelah durian dengan mudah.

Cara membelah durian dengan mudah
1. Pastikan Durian sudah Matang
Jika durian belum matang, biasanya akan mengalami kesusahan saat membelahnya dengan pisau. Jadi sebelum membelah durian pastikan durian matang terlebih dahulu.

2. Belah Bawah Durian
Mulailah membelah bagian bawah durian yang sudah matang, karena dari bagian bawah akan mudah untuk membelah keseluruhan. Gunakan ujung pisau untuk membelahnya, sampai terlihat belahan natural dari buah durian.

3. Melebarkan Belahan Durian dengan Pisau
Sudah ketemu belahan yang natural dari buah durian, untuk melebarkan belahan buah durian gunakan pisau bagian ujung, dan mulailah untuk melebarkannya.

4. Selanjutnya Memudahkan Membelahnya dengan Kedua Tangan
Dan bila sudah terbuka, akan sangat mudah membelah durian dengan kedua tangan. Menekannya pada sisi belahan yang natural tadi. Hanya menekannya ke bawah dengan arah yang berlawanan, durian akan mudah untuk dibelah.

5. Setelahnya akan mudah untuk membelah Durian berikutnya.
Ada yang memakannya saat buah masih dalam cangkang durian, ada juga yang memakannya memisahkan semuanya terlebih dahulu dari kulit cangkang durian.

Bagaimana menurutmu, sangat mudah bukan membelah durian, kamu punya tips membelah durian selain cara membelah durian ini?